Jumat, Februari 23, 2018

Cara Mengkonsumsi Madu yang Enak dan Menyehatkan


Siapa yang tak kenal dengan madu? Pemanis alami yang satu ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Ya, ada beragam manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan yang membuatnya menjadi favorit bagi semua orang. Bahkan, cairan yang teksturnya menyerupai sirup ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan atau minuman. Siapa bilang madu hanya bisa diminum begitu saja?
Ada cara mengkonsumsi madu berikut ini agar Anda tidak bosan menikmati madu setiap hari.

1.       Diseduh sebagai minuman
Cara mengkonsumsi madu yang paling mainstream sejak zaman nenek moyang adalah menyeduh madu dengan air hangat. Rasa manis madu yang nikmat dapat menghangatkan tenggorokan dan perut Anda. Tidak cuma nikmat diminum dalam keadaan hangat saja, ternyata madu juga bisa dicampur dengan air dingin dan es batu. Es madu dingin ini cukup efektif untuk menghilangkan dahaga di siang hari.

2.       Topping makanan dan minuman
Pernah mencoba salah satu es krim dengan topping madu murni yang terkenal di Jakarta? Rasanya sangat segar dan manisnya pun terasa pas di lidah. Hal tersebut membuktikan bahwa madu juga bisa menjadi topping bagi makanan dan minuman Madu dapat menjadi topping untuk cake maupun pancake. Jika tidak ada sirup maple untuk disiram di atas pancake, Anda bisa menggunakan madu murni sebagai gantinya. Tentu saja madu jauh lebih sehat dibanding menggunakan gula caramel atau gula cair sebagai topping makanan.

3.       Bahan membuat kue
Tahukah Anda ternyata madu bisa menjadi bahan untuk membuat kue, lho. Ini adalah cara baru mengkonsumsi madu yang tidak diketahui oleh banyak orang. Anda pasti pernah mendengar nama donat madu, bukan? Donat madu hanya satu dari sekian banyak kue yang berbahan dasar madu. Anda bisa menggunakan madu sebagai bahan untuk membuat kue bolu, cookies, sampai dengan cake modern. Namun, perlu Anda ketahui bahwa fungsi madu di sini bukan sebagai pengganti gula. Anda masih harus menggunakan gula meskipun jumlahnya tidak sebanyak biasanya karena sudah ditambahkan dengan madu.

4.       Saus untuk buah-buahan
Suka makan buah-buahan yang dicelup ke dalam saus cokelat? Mengapa tak mengganti cokelat dengan madu murni yang lebih sehat. Kombinasi antara buah-buahan dan madu ini bisa menjadi cara mengkonsumsi madu yang sehat dan bagus untuk diet. Adapun buah-buahan yang cocok dicelupkan ke dalam madu adalah apel, melon, pisang, pepaya, dan pir. Jika Anda menyukai jenis buah-buahan lainnya, silakan kombinasikan dengan madu murni. Apalagi jika Anda mencampur salad buah segar dengan madu, rasanya pasti sangat yummy!

5.       Campuran untuk oatmeal
Apakah selama ini Anda termasuk orang yang sulit mengonsumsi oatmeal? Bagi Anda yang belum terbiasa mengonsumsi oatmeal, tentu saja rasa oatmeal terasa kurang sesuai dengan lidah kita. Bahkan, ada yang merasa eneg ketika harus menghabiskan sepiring oatmeal. Biar bagaimana pun, oatmeal adalah makanan sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tak ada salahnya jika Anda membiasakan diri mengonsumsi oatmeal. Agar rasa oatmeal tersebut jadi lebih nikmat dan tidak hambar, tambahkan madu di atas oatmeal. Jangan lupa untuk turut menambahkan potongan buah seperti pisang dan strawberry agar rasa oatmeal Anda semakin lezat.

6.       Saus untuk jus atau smoothie bowl
Di Bali ada sebuah kedai yang menjual smoothie bowl sangat terkenal dan selalu ramai dikunjungi wisatawan maupun masyarakat setempat. Padahal, cara membuat smoothie bowl ini sangat mudah, lho. Buah-buahan dihaluskan dalam blender sampai teksturnya agak mengental. Kemudian, di atasnya ditaburi potongan buah (seperti pisang, kelapa, strawberry atau kiwi), granola, dan saus madu. Ya, tambahkan madu agar smoothie bowl buatan Anda jadi lebih sehat. Selain itu, Anda juga bisa memblender madu bersama dengan buah-buahan yang akan diminum. Wah, sudah sehat, segar, dan rasanya pun sangat enak!

7.       Selai roti tawar
Bosan dengan selai nanas, jeruk, srikaya, atau strawberry? Ganti selai biasa dengan madu yang tentunya lebih sehat. Tekstur madu yang lengket membuatnya cocok dijadikan sebagai selai untuk roti tawar. Di samping itu, rasa manis madu ini bisa menggantikan rasa manis selai buah yang biasa Anda konsumsi sehari-hari. Buatlah roti tawar dengan selai madu murni ini pada pagi hari untuk dikonsumsi sebagai makanan sehat. Nikmati roti tawar berlumur madu murni ini dengan teh atau susu yang juga dicampur dengan sedikit madu.

sumber : www.bacaterus.com

Fast Respon via sms/wa
08156707550



#Madu #MaduMurni #MaduKesehatan #MinumMadu #JavaHoney



0 komentar:

Posting Komentar